Jumat, 10 Agustus 2012

MAKALAH DINAMIKA MEMBACA TEKNIK



BAB I
PENDAHULUAN

            Dinamika dalam membaca teknik merupakan macam-macam bentuk dan cara yang digunakan dalam membaca. Meliputi : Membaca Teknik Dasar, membaca Teknik menengah, dan membaca teknik lanjutan.
Keterampilan membaca merupakan suatu kemampuan yang diperoleh melalui proses berlatih. Artinya, keterampilan itu tidak datang  dengan sendirinya atau dikuasai dengan serta-merta, tetapi melalui pembelajaran dan memerlukan latihan yang cukup lama.
            Dalam kehidupan modern, keterampilan berbahasa seperti itu sangat diperlukan. Namun dalam kenyataannya, pembelajaran keterampilan berbahasa kurang diminati atau kurang diperhatikan. Sehingga pembelajaran teknik membaca tidak terlaksana secara baik dan dinamis.

 BAB II
PEMBAHASAN

            Dinamika dalam membaca teknik merupakan macam-macam bentuk dan cara yang digunakan dalam membaca.  Ada 3 (tiga) macam dinamika dalam membaca teknik, adalah :
1. Membaca Teknik Dasar
            Adalah membaca dengan menyandikan kembali sandi-sandi tulisan dan mempraktikkan membaca secara sederhana. Membaca ini diperuntukkan dilakukan secara urut sesuai dengan abjad satu persatu.
2. Membaca Teknik Menengah
            Adalah kemampuan teknik membaca yang digunakan untuk membaca teliti dan cermat untuk memperoleh bacaan secara penuh. dasar Teknik membaca ini diperuntukkan untuk pembaca yang sudah mahir menyimbulkan dalam penyandian kembali pada simbol-simbol yang berbentuk grafis atau sudah mahir dalam menggunakan teknik dasar dalam membaca.
3. Membaca teknik lanjutan
            Merupakan teknik membaca yang digunakan oleh pembaca untuk membaca secara luas dalam arti yang sesingkat mungkin. Pembaca dengan teknik ini mempunyai target membaca sebanyak mungkin dalam waktu seminimal mungkin. Dengan menerapkan prinsip efisien dalam membaca.  
      Tujuan utama membaca adalah mendapatkan informasi dari bacaan yang di baca. Untuk mendapatkan informasi, pembaca perlu membuat atau mengikuti sistem atau cara kerja dalam membaca.Sistem kerja yang dibuat meliputi cara kerja fisik dan psikis. Carakerja fisik berkaitan dengan bagaimana mata membaca atau memandang bacaan yang merupakan sistem grafis.        
            Keterampilan membaca merupakan suatu kemampuan yang diperoleh melalui proses berlatih. Artinya, keterampilan itu tidak datang  dengan sendirinya atau dikuasai dengan serta-merta, tetapi melalui pembelajaran dan memerlukan latihan yang cukup lama.


Pelly & Efendi (1992) mengatakan bahwa pelajaran membaca dahulu merupakan pelajaran dan latihan pokok saat ini kurang mendapatkan perhatian dalam pembelajaran. Pembelajaran membaca selama ini tidak ditangani sebagaimana mestinya. Dengan tegas Badudu (1985) berpendapat bahwa rendahnya mutu kemampuan membaca disebabkan karena kenyataan bahwa keterampilan tersebut kurang diperhatikan. Hal ini mengakibatkan keterampilan membaca para tidak berkembang.
            Setiap siswa harus dibekali dengan kemam­puan membaca secara logis, jelas, ringkas, dan sesuai dengan kaidah tata bahasa (Ismail, 1997).
            Syafe'i (1988) menyatakan bahwa seseorang yang berbakat atau tidak berbakat membaca sebenarnya sama-sama memiliki kesempatan untuk menjadi pembaca puisi yang baik.
             




     

BAB III
PENUTUP
            Dinamika dalam membaca teknik merupakan macam-macam bentuk dan cara yang digunakan dalam membaca.
            Membaca Teknik Dasar merupakan membaca dengan menyandikan kembali sandi-sandi tulisan dan mempraktikkan membaca secara sederhana.
             Membaca Teknik Menengah merupakan kemampuan teknik membaca yang digunakan untuk membaca teliti dan cermat untuk memperoleh bacaan secara penuh.
            Membaca teknik lanjutan merupakan teknik membaca yang digunakan oleh pembaca untuk membaca secara luas dalam arti yang sesingkat mungkin.
            Tujuan utama membaca adalah mendapatkan informasi dari bacaan yang di baca. Untuk mendapatkan informasi, pembaca perlu membuat atau mengikuti sistem atau cara kerja dalam membaca.Sistem kerja yang dibuat meliputi cara kerja fisik dan psikis. Carakerja fisik berkaitan dengan bagaimana mata membaca atau memandang bacaan yang merupakan sistem grafis.


Daftar Pustaka
Haryadi, M.Pd.2008.Retorika membaca model metode dan teknik, Rumah Indonesia Semarang.
Badudu, Yus. (1985). Pelajaran Mengarang Dianaktirikan, Kompas, halaman 4, tanggal 21 Oktober 1985.
Ismail, Taufiq. (1997). Perbandingan Pengajaran Sastra dan Pengajaran Mengarang di SMU 13 Negara. Jakarta: Laporan Penelitian.
Pelly, Usman, dan Efendi, Rustam Amir. (1992). Pelajaran Membaca dan Menulis Harus Diutamakan Kembali, Kompas, halaman 12, tanggal 12 Maret 1992.
Syafe'i, Imam. (1988). Retorika dalam Menulis. Malang: FPBS IKIP Malang.
                                                      MAKALAH
DINAMIKA DALAM MEMBACA TEKNIK

Tugas ini disusun untuk melengkapi
Mata Kuliah : Membaca Teknik
Dosen Pengampu : Drs. Suparyanto



 


                                                                             oleh  :

                        Muslich            

                     2101409168

 

JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2010



1 komentar: