SOAL DAN PEMBAHASAN
BAHASA
INDONESIA
1. Kemampuan yang Diuji
: Menentukan isi dan bagian suatu paragraph.Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan
utama paragraf tersebut.
Soal :
Di
bangunan Taman Kupu kita dapat menikmati panorama kupu-kupu. Bangunan ini
terletak di samping gedung Museum Serangga. Di sini pengunjung dapat melihat
secara langsung berbagai jenis kupu-kupu. Bahkan, di sini juga ada penangkaran,
tempat berlangsungnya metamorfosis kupu-kupu.
Gagasan utama
paragraf tersebut adalah .…
A. panorama kupu-kupu
B. bangunan
Taman Kupu
C. berbagai
jenis kupu-kupu
D. tempat
metamorfosis kupu-kupu
KUNCI
JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Gagasan utama atau gagasan pokok
merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama. Kalimat tersebut
bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
Kata kunci:
Di bangunan Taman Kupu kita dapat menikmati panorama kupu-kupu. (bangunan
Taman Kupu ). Kata yang merujuknya: Bangunan ini .... (kalimat
kedua); Di sini …. (kalimat ketiga); Bahkan, di sini .... (kalimat
keempat)
2. Kemampuan yang Diuji
: Menentukan isi dan bagian suatu
paragraf
Indikator Soal
: Disajikan sebuah paragraf, siswa
dapat menentukan kalimat utama paragraf tersebut
Soal
:
(1) Sebuah bangkai pesawat
ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta. (2) Mesin buatan Amerika Serikat itu
diduga diproduksi pada tahun1952. (3) Bangkai pesawat yang sudah berkarat dan
dipenuhi karang itu berupa badan, sayap kanan, ekor, dan tiga roda. (4) Pesawat
tersebut awalnya ditemukan dalam kondisi utuh.
Kalimat utama paragraf tersebut
terdapat pada kalimat nomor ....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
KUNCI
JAWABAN : A
PEMBAHASAN
:
Kalimat
utama: kalimat yang menjadi tempat keberadaan gagasan utama. Kalimat utama
dapat pula disebut kalimat pokok. Kalimat utama merupakan kalimat yang isinya
bersifat umum dan didukung kalimat penjelas.
Kata kunci: Sebuah bangkai pesawat
ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta (kalimat pertama). Didukung kalimat
penjelas yang ditandai Mesin buatan Amerika Serikat itu
....(kalimat kedua), Bangkai pesawat ...... itu .… (kalimat
ketiga), Pesawat tersebut ....(kalimat keempat).
3. Kemampuan
yang Diuji :
Menentukan kritik terhadap isi
bacaan
Indikator Soal
: Disajikan sebuah
paragraf, siswa dapat menentukan kritikan terhadap isi paragraf tersebut
Soal :
Pemerintah
akan menunggu turunnya harga minyak mentah dunia sampai Maret 2009. Keputusan
menunggu ini dilakukan sebelum memutuskan harga premium dan solar yang dilepas
sesuai harga pasar. Jika harga minyak pada saatnya tetap rendah, pemerintah
segera melepas harga premium dan solar.
Kritikan terhadap isi paragraf tersebut adalah ...
- Pemerintah hendaknya menunggu bulan Maret.
- Pemerintah hendaknya segera melepas harga.
- Pemerintah hendaknya tidak melepas premium dan solar.
- Pemerintah hendaknya tidak terlalu lama dalam mengambil keputusan.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Dalam KBBI kata kritik
berarti kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan
baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dsb. Kritikan terhadap isi
paragraf berarti memberikan tanggapan terhadap isi paragraf
tersebut. Kritikan dapat berupa perbaikan (koreksi) terhadap
perilaku negatif. Kata yang menyiratkan perilaku negatif: “ Pemerintah akan
menunggu turunnya harga minyak mentah dunia sampai Maret 2009 (kalimat pertama)
4.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal
: Disajikan kutipan dua teks berita, siswa dapat menentukan kesamaan informasi kedua teks berita tersebut.
Soal :
Teks I
Kasat
Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara, baik roda dua maupun roda
empat dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru
agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00. Hal ini berkaitan dengan
rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini,
sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga
setempat.
Teks II
Guna
menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur
alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan
tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB.
Ini berkaitan
dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.
Kesamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah ...
A. Imbauan
Kasat Lalu Lintas agar wisatawan datang ke Puncak.
B. Imbauan Kasat Lalu Lintas tentang rencana
penutupan jalur Puncak sore hari.
C. Imbauan Kasat Lalu Lintas kepada para pengendara roda
dua dan roda empat.
D. Imbauan
Kasat Lalu Lintas agar pengunjung Puncak tiba sebelum pukul 13.00.
Kunci Jawaban
: D
Pembahasan
:
Informasi adalah keterangan, pemberitahuan,
kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita, kita harus
menentukan informasi pokok dari setiap teks berita tersebut.
Kata-kata yang dirujuk:
Teks I: Kasat Lalu Lintas Polres
Bogor mengimbau ... agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00.
Teks II: Kasat Lalu Lintas Polres Bogor
mengharapkan ... mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00
WIB.
5.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan isi dan penyajian teks
berita, opini/tajuk
Indikator Soal
: Disajikan sebuah teks berita,
siswa dapat menentukan informasi teks berita tersebut..
Soal
:
Karya-karya
Deddy Mizwar yang muncul dalam layar kaca selalu menjadi tontonan yang laris dipilih
pemirsa. Seperti, Para Pencari Tuhan, sinetron yang ditayangkan salah
satu televisi swasta menempati rating tertinggi. Film Naga Bonar Jadi
Dua, juga telah menyedot animo masyarakat untuk menonton film tersebut di
gedung bioskop.
Informasi
yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A.
Karya-karya Deddy Mizwar muncul
dalam layar kaca.
B.
Para Pencari Tuhan menempati rating
tertinggi.
C.
Karya Deddy Mizwar selalu mendapat
kritikan masyarakat.
D.
Animo masyarakat untuk menonton film
di gedung bioskop tidak banyak.
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Informasi adalah keterangan,
pemberitahuan, kabar, atau berita. Mencari isi berita merupakan usaha menemukan
pokok persoalan yang diungkapkan dalam berita tersebut.
Informasi yang merupakan isi berita tersebut terdapat dalam kalimat kedua
paragraf tersebut “Seperti, Para Pencari Tuhan, sinetron yang
ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating tertinggi.”
6.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan isi dan penyajian teks
berita, opini/tajuk
Indikator
Soal
: Disajikan dua teks berita, siswa
dapat menentukan perbedaan
penyajian kedua teks
berita tersebut.
Soal
:
Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks I
|
Teks II
|
Banjir
kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan
Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol.
Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan
Camat Widang, Dwijono.
|
Minggu
dini hari tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Akibat
peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini
telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum berhasil. Pihak kepolisian
setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.
|
Perbedaan
penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....
Teks I
|
Teks II
|
|
A
|
apa, bagaimana, mengapa, siapa
|
apa, kapan bagaimana, siapa
|
B
|
di mana, mengapa, bagaimana, siapa
|
apa, bagaimana, kapan, siapa
|
C
|
di mana, mengapa, siapa,
bagaimana
|
kapan, bagaimana, apa, siapa
|
D
|
apa, mengapa, bagaimana, siapa
|
kapan, apa, bagaimana, siapa
|
Kunci Jawaban
: D
Pembahasan
:
Unsur-unsur berita biasanya berpola
5 W + 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when
(kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Bukan berarti bahwa
penulisan berita harus mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam
penyajiannya , seorang penulis berita dapat memvariasikannya. Bahkan
kadang-kadang unsur-unsur tersebut tidak lengkap dalam sebuah berita.
Teks berita I: (apa)
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. (mengapa)Hal
itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari,
Kecamatan Widang, Tuban, jebol. (bagaimana) Peristiwa itu
juga merenggut dua korban jiwa. (siapa) Itulah yang
disampaikan Camat Widang, Dwijono.
Teks berita II: (kapan) Minggu dini hari (apa)
tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. (bagaimana)
Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh
ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum berhasil. (siapa)
Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.
7.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan kalimat fakta/pendapat
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah paragraf
yang berisi fakta dan pendapat, siswa dapat menentukan dua
kalimat pendapat dalam paragraf tersebut.
Soal :
(1) Pemkot Depok telah
menertibkan 700 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar dagangannya di pinggir
jalan. (2) Hal ini dinilai sebagai penyebab kemacetan. (3) Di samping itu,
keberadaan PKL juga dianggap menimbulkan kesan semrawut. (4) Penertiban yang
berlangsung tanggal 26 Desember itu disambut dengan senang oleh para pengguna
jalan.
Dua kalimat pendapat pada teks
tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
dan
(2)
C. (1) dan (4)
B. (2) dan
(3)
D. (3) dan (4)
Kunci
Jawaban
: B
Pembahasan
:
Pendapat=opini
adalah pikiran atau anggapan seseorang terhadap sesuatu. Orang yang satu dengan
yang lain dapat berbeda pendapat bergantung pada pandangan, pendirian, atau
penilaiannya.
Pada
paragraf tersebut terdapat opini atau pendapat, yaitu kalimat (2) Hal ini
dinilai sebagai penyebab kemacetan. (3) Di samping itu, keberadaan PKL juga
dianggap menimbulkan kesan semrawut.
Kata kuncinya:
dinilai dan dianggap
8.
Kemampuan yang Diuji
: Menyimpulkan isi paragraf
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah paragraf, siswa
dapat menentukan simpulan isi paragaf tersebut.
Soal
:
Tidur
merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Orang yang tidur 8
jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering
bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur
pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.
Simpulan paragraf tersebut yang
tepat adalah ...
A.
Tidur yang cukup sebaiknya kurang
dari 8 jam sehari.
B.
Tidur yang cukup dapat meningkatkan
imunitas diri.
C.
Tidur dengan waktu cukup dan
berkualitas dapat melindungi diri dari penyakit.
D. Tidur yang cukup adalah tidur yang
tidak bangun-bangun sepanjang malam.
Kunci Jawaban
: C
Pembahasan
:
Simpulan merupakan pendapat akhir
dari suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai
tanggapan terhadap suatu objek.
Bukti data: Tidur ... menjaga tubuh agar tetap sehat. (kalimat
pertama); ... tidur 8 jam per malam, lebih sehat .... (kalimat kedua); Tidur...memulihkan
sistem imun. (kalaimat ketiga); Ketika tidur... kadar melatonik
meningkat dan memperbaiki imunitas.(kalimat keempat)
9.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan isi tajuk
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah tajuk, siswa
dapat menentukan gagasan utama tajuk
tersebut
Soal
:
Bacalah kutipan tajuk berikut dengan
saksama kemudian kerjakan soal nomor 9 s.d. 12!
Dampak krisis global tak ayal
lagi menghantam pula perekonomian kita. Kegiatan industri menurun drastis,
mengakibatkan munculnya ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran.
Kita jelas tak bisa menganggap enteng ancaman tersebut. Untuk itu, pemerintah
telah menyiapkan stimulus ekonomi agar industri bisa kembali bergerak.
Persiapan yang kini dilakukan pemerintah itu
memang sangat diperlukan. Meski agak terlambat, tetapi bukan berarti tidak
diperlukan. Bahkan, stimulus inilah yang nantinya bakal ikut menentukan cepat
lambatnya kita bisa bertahan dan keluar dari badai dampak krisis.
Terkait dengan rencana
pemberian stimulus tersebut, pihak industri kini sedang mendata secara detail.
Kita tentunya berharap data dan rencana masing-masing industri disusun dan
dibuat semaksimal mungkin. Fokusnya akan lebih jika tidak melulu kepada
kepentingan industri dan pengusahanya, tetapi lebih kepada kepentingan tenaga
kerja sehingga tujuan stimulus ekonomi yang salah satunya untuk menghindari
(menekan) terjadinya PHK besar-besaran benar-benar tercapai.
Gagasan
utama tajuk tersebut adalah ....
A. Perlunya
pendataan industri secara maksimal dalam mendukung rencana pemberian stimulus
ekonomi
B. Penekanan PHK melalui stimulus ekonomi selalu berhasil
dengan gemilang.
C. Krisis global terhadap stimulus perekonomian berpengaruh
pada PHK.
D. Perlunya
stimulus ekonomi dalam dunia industri di dunia.
Kunci Jawaban
: A
Pembahasan
:
Tajuk adalah karangan pokok dalam
surat kabar
Gagasan utama tajuk berupa ide
(pendapat) penulis terhadap fenomena objek.
Fenomena objek: pemerintah telah
menyiapkan stimulus ekonomi agar industri bisa kembali bergerak. (paragraf
pertama); stimulus inilah yang nantinya bakal ikut menentukan cepat lambatnya
kita bisa bertahan dan keluar dari badai dampak krisis.(paragraf kedua);
Terkait dengan rencana pemberian stimulus tersebut, pihak industri kini sedang
mendata secara detail.(paragraf ketiga)
10.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan isi tajuk
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah tajuk, siswa
dapat menentukan letak kalimat fakta pada
tajuk tersebut
Soal
:
Letak
kalimat fakta pada tajuk tersebut adalah ....
A. paragraf
I kalimat IV
B. paragraf II kalimat I
C. paragraf II kalimat III
D. paragraf
III kalimat III
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Fakta
adalah peristiwa yang tidak diragukan lagi kebenarannya. Fakta yang terdapat
pada tajuk tersebut terdapat pada paragraf I kalimat IV.
Bukti
fakta: Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan stimulus ekonomi agar industri
bisa kembali bergerak.
11.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan isi tajuk
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah tajuk, siswa
dapat menentukan keberpihakan penulis dalam tajuk tersebut.
Soal
:
Penulis pada tajuk tersebut berpihak pada ....
A. pelaku
industri
B. tenaga kerja
C. pengusaha
D. penguasa
Kunci
Jawaban
: B
Pembahasan
:
Bukti keperpihakan penulis: ....
Kita jelas tak bisa menganggap enteng ancaman tersebut. (kalimat ketiga
paragraf I); Fokusnya ... tetapi lebih kepada kepentingan tenaga kerja
sehingga.... (kalimat ketiga paragraf III)
12.
Kemampuan yang Diuji : Menentukan isi tajuk
Indikator
Soal : Disajikan sebuah tajuk, siswa
dapat menentukan simpulan isi tajuk tersebut.
Soal
:
Simpulan isi tajuk tersebut adalah ...
A. Rencana
pemberian stimulus ekonomi kepada industri dilakukan secara massal oleh
pemerintah.
B. Dampak krisis global
terhadap industri di Indonesia terlihat adanya stimulus ekonomi dari
pemerintah.
C.
Stimulus
ekonomi menentukan cepat lambatnya kita dalam mendata jumlah PHK tenaga kerja.
D.
Pendataan
industri secara tepat dalam pemberian stimulus ekonomi dapat mengurangi
PHK.
Kunci Jawaban
: D
Pembahasan
:
Simpulan merupakan ikhtisar
dari suatu uraian. Kesimpulan dapat dikatakan juga sebagai kesudahan dari suatu
pendapat.
Simpulan tajuk tersebut
adalah pendataan industri secara tepat dalam pemberian stimulus ekonomi
dapat mengurangi PHK.
Data pendukung:
Kita tentunya berharap data
dan rencana masing-masing industri disusun dan dibuat semaksimal mungkin.
(kalimat kedua paragraf III) Fokusnya ..., tetapi lebih kepada
kepentingan tenaga kerja sehingga tujuan stimulus ekonomi yang salah satunya
untuk menghindari (menekan) terjadinya PHK besar-besaran benar-benar tercapai.
(kalimat ketiga paragrag IV)
13.
Kemampuan yang Diuji
: Menyimpulkan isi grafik, tabel,
bagan, peta, denah
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah grafik, siswa
dapat menentukan simpulan isi grafik tersebut.
Soal
:
Hasil Penjualan Dagangan Pak Muis
Simpulan isi grafik tersebut adalah
...
A. Penjualan
dagangan Pak Muis setiap bulan meningkat.
B. Dagangan
Pak Muis setiap bulan bertambah.
C. Dagangan
Pak Muis lebih banyak baju koko.
D. Orang
lebih banyak memilih membeli sarung.
Kunci
Jawaban
: A
Pembahasan
:
Bukti kenaikan
penjualan dagangan Pak Muis setiap bulan
Bulan
|
Jumlah barang dagangan yang
terjual
|
|
Sarung
|
Baju koko
|
|
September
|
240
|
150
|
Oktober
|
240
|
240
|
November
|
260
|
265
|
Desember
|
275
|
300
|
14.
Kemampuan yang Diuji
: Menyimpulkan isi grafik, tabel,
bagan, peta, denah
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah tabel, siswa
dapat menentukan informasi tabel tersebut.
Soal
:
Cermati tabel
berikut!
Jumlah
Kunjungan Pasien Rawat Jalan dan Rawat Inap
di Rumah Sakit
Sumber Waras
Pasien
|
Tahun
|
|||
2005
|
2006
|
2007
|
2008
|
|
Rawat Jalan
|
5683
|
4160
|
4420
|
4515
|
Rawat Inap
|
712
|
534
|
506
|
379
|
Informasi yang sesuai dengan tabel tersebut adalah…
A. Jumlah pasien rawat jalan selalu
meningkat setiap tahun.
B. Jumlah pasien rawat jalan dan rawat
inap cenderung meningkat.
C. Setiap tahun jumlah pasien rawat
inap cenderung menurun.
D. Pasien rawat inap mendapat pelayanan
yang baik.
Kunci
Jawaban
: C
Pembahasan
:
Bukti
data pasien rawat inap
Pasien
|
Tahun
|
|||
2005
|
2006
|
2007
|
2008
|
|
Rawat Inap
|
712
|
534
|
506
|
379
|
15.
Kemampuan yang Diuji
: Menyimpulkan isi grafik, tabel,
bagan, peta, denah
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah denah, siswa
dapat menjelaskan isi denah tersebut
Soal
:
Perhatikan denah berikut!
Berdasarkan denah tersebut, kalimat berikut yang tepat adalah ...
A. Pasar Baru berada berdampingan
dengan Jalan Kapuas dan Jalan Indah.
B. Penghuni kompleks Melati Permai jika
berbelanja harus melewati Jalan Indah.
C. Jalan Diponegoro berada di sebelah
utara Pasar Baru dan kompleks Melati Permai.
D. Kompleks Melati Permai berada di
sebelah selatan Jalan Kapuas.
Kunci Jawaban
: C
Pembahasan
:
Denah: gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, dsb.; peta.
Gambar bagian atas adalah
letak sebelah utara dan selalu sebagai pedoman kita membaca denah atau peta.
Hubungkanlah letak lokasi (Jalan Diponegoro) pada denah tersebut dengan
penunjuk arah mata angin. Dengan cara demikian, tampaklah bahwa Jalan
Diponegoro terletak di sebelah utara Pasar Baru dan Melati Permai
16.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan unsur intrinsik puisi.
Indikator
Soal
: Disajikan
sebuah puisi, siswa dapat menentukan tema puisi tersebut.
Soal
:
Bacalah
puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 16 dan 17!
Ada
Tilgram Tiba Senja
....
Ada
podang pulang ke sarang
Tembangnya
panjang berulang-ulang
pulang
ya pulang, hai petualang!
Ketapang.
Ketapang yang kembang
Berumpun
di perigi tua
Anakku
datang anakku pulang
Kembali
kucium, kembali kuraba
Tema puisi
tersebut adalah ....
A. Bunga
yang berkembang
B. Pulangnya anak tersayang
C. Kegembiraan seorang anak
D. Pulangnya
sang kepodang
Kunci
Jawaban
: B
Pembahasan
:
Tema merupakan gagasaan pokok dalam puisi. Tema berfungsi
sebagai landasan utama penyair dalam puisinya. Tema puisi tersebut adalah Pulangnya
anak tersayang. Hal ini ditunjukkan dengan larik Anakku datang anakku
pulang/Kembali kucium, kembali kuraba.
17.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan unsur intrinsik puisi
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah puisi, siswa
dapat menentukan suasana dalam puisi tersebut.
Soal
:
Suasana yang tergambar pada puisi tersebut
adalah ....
A. gembira
C. sedih
B.
bangga
D. duka
Kunci
Jawaban
: A
Pembahasan
:
Bukti suasana gembira: Ada podang pulang ke
sarang/Tembangnya panjang berulang-ulang (pada larik 1 dan 2); Anakku datang
anakku pulang/Kembali kucium, kembali kuraba (larik 6 dan 7)
18.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan unsur intrinsik
cerpen
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah kutipan
cerpen, siswa dapat menentukan bukti latar waktu dalam cerpen
tersebut
Soal
:
Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 18
s.d. 20!
Seperti teman-temannya yang lain, sebenarnya Andi ingin
sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia tidak enak hati meminta uang pada
ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia menyodorkan undangan pesta ulang
tahun Tommy kemarin. Saat itu, ibu sedang duduk-duduk di beranda sambil
memandangi matahari yang mulai tenggelam. Diamnya ibu, pertanda ibu belum punya
uang untuk membeli hadiah. Andi sadar, sejak ayahnya meninggal tiga tahun yang
lalu, ia dan ibunya memang harus hidup hemat.
”Ah masa iya aku tak bisa memberi hadiah untuk Tommy
temanku?” gumam Andi seraya bangkit dari tempat tidur pembaringan. Ia beranjak
menuju meja belajarnya. Dimatikannya lampu tidurnya dan digantinya dengan lampu
belajar. Ia mengambil secarik kertas, pensil, dan spidol warna-warni. Tangannya
mulai mencorat-coret. Kini, ada senyum menghiasi bibirnya, “Besok pagi, aku
sudah punya hadiah untuk Tommy.”
Bukti bahwa
peristiwa tersebut terjadi pada malam hari adalah ....
A. kalimat
pertama pada paragraf pertama
B. Kalimat kedua pada paragraph pertama
C. Kalimat ketiga pada paragraf kedua.
D. Kalimat
keempat pada paragraf kedua
Kunci
Jawaban
: C
Pembahasan
:
Bukti
bahwa latar cerita pada malam hari: Dimatikannya lampu tidurnya dan
digantinya dengan lampu belajar
19.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan unsur intrinsik
cerpen
Indikator
Soal
:
Disajikan sebuah kutipan cerpen, siswa dapat menentukan konflik dalam cerpen tersebut
Soal
:
Konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
A. Teman-teman
Andi semua memberi hadiah pada Tommy.
B. Andi ingin meminta uang pada ibu, tapi tidak sampai hati
mengungkapkannya.
C. Sejak ayahnya meninggal, Andi harus hidup berhemat.
D. Kepuasan
Andi sudah memiliki hadiah untuk Tommy.
Kunci
Jawaban
: B
Pembahasan
:
Konflik adalah ketegangan yang
terjadi dalam diri tokoh dalam suatu cerita. Bentuknya bisa konflik fisik,
konflik batin, konflik ide, konflik sosial, atau konflik budaya. Konflik yang
terjadi berupa konflik batin pada diri sang tokoh (Andi). Hal ini tergambar
pada kalimat .... Andi ingin sekali memberi hadiah untuk Tommy, tetapi ia
tidak enak hati meminta uang pada ibunya. Apalagi, ibu hanya diam ketika ia
menyodorkan undangan pesta ulang tahun Tommy kemarin.
20.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan unsur intrinsik cerpen
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah kutipan cerpen, siswa dapat
menentukan amanat kutipan cerpen tersebut
Soal
:
Amanat yang
terdapat pada cerpen tersebut adalah ...
A. Jangan
menyusahkan orang tua hanya karena ingin memberi hadiah teman!
B. Usahakan selalu memberi hadiah kepada teman orang tua!
C. Temanilah ibumu saat duduk-duduk di beranda!
D. Matikan
lampu jika sudah tidak diperlukan!
Kunci
Jawaban
: A
Pembahasan
:
Amanat
sama maknanya dengan pesan, yakni ajaran yang hendak disampaikan pengarang
kepada pembaca melalui karyanya. Keberadaan amanat pada umumnya tersirat,
tetapi ada juga tersurat.
Amanat yang terdapat pada cerpen
tersebut adalah jangan menyusahkan orang tua hanya karena ingin
memberi hadiah teman.
21.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan perbedaan unsur
intrinsik beberapa novel
Indikator
Soal
: Disajikan dua kutipan novel yang berbeda,
siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik kedua novel tersebut
Soal
:
Bacalah kedua kutipan novel berikut
dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 21!
Kutipan I
Ingin rasanya aku berteriak mendengar pertanyaan
bodoh adikku ini. Biasanya aku akan bilang, ”Ya enggak gitu, bodoh!” Tapi Mama
sudah melarangku mengatakan kata itu lagi. Katanya, anak baik tidak boleh
berkata kasar. ”Priska tidak bodoh, Vin. Dia ingin pintar seperti kamu,” kata
Mama.
Kutipan II
Ah, mau tak mau, ia harus pergi ke warung bu Rustam. Ia tak
mau menolak permintaan ibunya. Warung itu berjarak dua rumah dari rumah Abah.
Tanpa terasa, kini Difa berada di depan gang. Siang itu tampak sepi. Mungkin
anak-anak di sekitar Blok II belum pulang.
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah ....
Kutipan I
|
Kutipan II
|
|
A.
|
Tokoh yang terlihat banyak
|
Tokoh yang terlihat dua
|
B.
|
Sudut pandang akuan
|
Sudut pandang diaan
|
C.
|
Latar jelas
|
Latar tidak jelas
|
D.
|
Amanat tidak jelas
|
Amanat jelas
|
Kunci
Jawaban
: B
Pembahasan
:
Sudut pandang: teknik penyampaian
cerita oleh pengarang. Pengarang ingin menempatkan posisinya di mana. Jika
pengarang langsung bercerita tentang hal-hal yang diketahuinya dengan kata
ganti orang pertama ( aku, saya), maka pengarang menggunakan sudut pandang
orang pertama. Jika pengarang sebagai orang yang mengamati jalan cerita dari
luar cerita itu sendiri, dia menceritakan kehidupan orang lain maka dalam hal
ini pengarang menggunakan sudut pandang orang ketiga ( ia, dia, beliau, mereka,
nama diri)
Bukti: Kutipan I : Ingin rasanya aku berteriak ....
Kutipan II: Ah, mau tak mau, ia harus ....
22.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan unsur intrinsik
novel
Indikator
Soal
:
Disajikan sebuah kutipan novel, siswa dapat menentukan bukti nilai agama
dalam kutipan novel tersebut.
Soal
:
Bacalah kutipan novel berikut dengan
saksama kemudian kerjakan soal nomor 22 dan 23!
(1)
Teman-teman Fajar bersorak gembira. (2) Daffa terkulai lemas karena layang-layangnya
putus. (3) Senja pun tiba. (4) Ketika terdengar suara adzan,
anak-anak mulai membubarkan diri untuk pergi ke masjid. (5) Berita kemenangan
Fajar atas Daffa semakin menambah keyakinan anak-anak desa itu bahwa
layang-layang milik Fajar memang sakti. (6) Fajar menjadi semakin tinggi hati.
Bukti nilai agama terdapat pada
kalimat bertanda nomor ....
A. (1)
C. (4)
B.
(3)
D. (6)
Kunci
Jawaban
: C
Pembahasan
:
Nilai
agama adalah nilai atau ketentuan yang terdapat dalam agama yang mesti dipatuhi
oleh penganutnya. Dalam cerita tersebut dapat diketahui ketaatan anak-anak
untuk menjalankan salat di masjid. Bukti: Ketika terdengar suara
adzan, anak-anak mulai membubarkan diri untuk pergi ke masjid.
23.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan perbedaan unsur
intrinsik beberapa novel
Indikator
Soal
: Disajikan kutipan sebuah novel, siswa dapat menentukan watak tokoh
kutipan novel tersebut.
Soal
:
Watak
tokoh Fajar dalam kutipan tersebut adalah ....
A. periang
C. congkak
B. santun
D.
ramah
Kunci
Jawaban
: C
Pembahasan
:
Bukti: Fajar menjadi semakin tinggi hati.
24.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan unsur intrinsik
drama
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah
kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan latar suasana drama
tersebut.
Soal
:
Bacalah
kutipan drama berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 24 dan 25!
Brilian : Sekarang serahkan hp
kalian, kami akan minta uang tebusan!!! (mendorong Dimi masuk)
Dimi
: Ka …ka ... kami tidak bawa hp (gugup).
Brilian :
Periksa kantongnya!!
Timmy : Siap, bos. (memeriksa kantong)
Markus: Ada gak? Ini tempat apa? (matanya
melotot)
Timmy : Ruang menyimpan perkakas
bekas (sambil meraba kantong si anak). Ini bos, hpnya (mengeluarkan hp N.95).
Markus : Tanyakan nomor hp orang
tuanya! Hubungi untuk minta tebusan!
Timmy : Siap, bos!
Suasana
kutipan drama tersebut adalah ...
A. haru
C. sedih
B. tegang
D. seram
Kunci
Jawaban
: B
Pembahasan
:
Bukti suasana dalam drama itu tegang
25.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan unsur intrinsik
drama Menentukan unsur intrinsik drama
Indikator Soal
: Disajikan kutipan
naskah drama, siswa dapat menentukan latar tempat drama tersebut..
Soal
:
Latar kutipan
tersebut adalah ...
A. gudang
C. kamar
B. garasi
D. rumah
Kunci
Jawaban
: A
Pembahasan
:
Bukti latar tempat: Timmy : Bekas menyimpan perkakas
26.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis catatan pengalaman
pada buku harian
Indikator Soal : Disajikan sebuah ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan catatan pengalaman pada buku harian sesuai ilustrasi tersebut.
Indikator Soal : Disajikan sebuah ilustrasi pengalaman, siswa dapat menentukan catatan pengalaman pada buku harian sesuai ilustrasi tersebut.
Soal
:
Siang itu,
tepatnya Rabu 14 Januari 2009, Audrey ditegur Pak Tanto karena lupa
mengerjakan PR. Audrey sangat malu ditegur di depan teman sekelasnya. Ia
beranji tidak akan lalai lagi.
Berdasarkan ilustrasi tersebut
kalimat yang tepat untuk ditulis dalam buku harian adalah ...
A. Rabu, 14 Januari 2009, hari yang
sangat memalukan. Tak disangka, Pak Tanto guru yang dikagumi Audrey, menegur
Audrey. Ia sangat kecewa pada Pak Tanto, guru matematika itu.
B. Rabu, 14 Januari 2009, hari yang tidak akan dilupakannya.
Pak Tanto guru yang sangat dikagumi, menegur gara-gara Audrey lupa tidak
mengerjakan PR.
C. Rabu, 14 Januari 2009, hari yang sangat berat bagi Audrey.
Pak Tanto guru matematika itu, menegur gara-gara Audery lupa tidak mengerjakan
PR.
D. Rabu,
14 Januari 2009, hari itu aku merasa sangat malu. Sedih sekali. Pak Tanto guru
yang kukagumi, menegurku gara-gara aku lupa tidak mengerjakan PR. Aku janji
tidak akan lupa lagi.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Buku harian berisi pengalaman
seseorang yang paling berkesan. Isinya terdiri atas pengalaman paling berkesan,
waktu, dan waktu yang dituangkan dengan kalimat yang ekspresif. Biasanya dalam
pengungkapannya penulis menggunakan kata ganti orang pertama (saya, aku).
27.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan isi pesan singkat
sesuai konteks
Indikator
Soal
:
Disajikan sebuah ilustrasi berupa kegiatan sekolah, siswa
dapat menentukan pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut.
Soal
:
Ketua OSIS hendak mengadakan rapat
pengurus. Ia menugasi sekretaris agar menyiapkan surat undangan
rapat.
Isi
pesan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
A. Harap segera secepatnya susun surat
undangan.
B. Segera siapkan surat undangan rapat
pengurus.
C. Segera siapkan daftar hadir rapat
pengurus secepatnya.
D. Harap edarkan surat undangan rapat
pengurus yang dibuat.
Kunci Jawaban
: B
Pembahasan
:
Isi sebuah pesan singkat selain bahasanya singkat juga isi
harus sesuai dengan ilustrasi yang diminta. Pilihan A, C, dan D kesalahannya
terletak pada ketidaksesuaian dengan ilustrasi.
28.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/menentukan paragraf
laporan
Indikator
Soal
:
Disajikan tabel hasil lomba, siswa dapat menentukan laporan
yang sesuai dengan data dalam tabel tersebut.
Soal
:
Hasil Lomba Cipta Cerpen
Sanggar Ananda Tahun 2009
Juara
|
Nama
|
Nilai
|
I
|
Rama
|
699
|
II
|
Sinta
|
696
|
III
|
Krisna
|
669
|
Laporan yang tepat berdasarkan data
tersebut adalah ...
- Hasil lomba Cipta Cerpen Sanggar Ananda tahun 2009 adalah sebagai berikut. Rama mendapat juara pertama, Sinta juara kedua, dan Krisna juara ketiga. Urutan nilainya adalah 699, 696, dan 669.
- Secara berturut-turut hasil Cipta Cerpen Sanggar Ananda tahun 2009 yaitu Sinta mendapat juara pertama, Krisna juara kedua, dan Rama juara ketiga. Dengan jumlah perolehan nilai 699, 696, dan 669.
- Selama lomba Cipta Cerpen tahun 2009 dapat dilaporkan sebagai berikut. Krisna mendapat juara pertama, Rama juara kedua, dan Sinta juara ketiga. Urutan nilainya adalah 699, 669, dan 696.
- Hasil lomba Cipta Puisi tahun 2009 adalah sebagai berikut. Sinta mendapat juara pertama, Rama juara kedua, dan kelas Krisna juara ketiga. Perolehan nilainya adalah 699, 696, dan 669.
Kunci Jawaban
: A
Pembahasan
:
Membaca tabel memerlukan
kecermatan dalam menentukan bagian kolom dan baris. Pilihan A
sesuai dengan tabel tersaji.
29.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/menentukan paragraf
laporan
Indikator
Soal
: Disajikan data, siswa
dapat menentukan paragraf laporan yang tepat sesuai data tersebut.
Soal
:
(1) Terpancar wajah berseri, saat penghuni panti diajak bernyanyi.
(2) Mereka memberi sumbangan
dana dan mengadakan hiburan organ tunggal.
(3) Kami berbaur bersama dalam
kegembiraan.
(4) Kegiatan itu dipusatkan di Panti
Wredatama.
(5) Kegiatan itu berakhir
tepat pukul 16.00.
(6) OSIS SMP Bunda melakukan
kegiatan bakti sosial.
Urutan kalimat tersebut
yang tepat untuk laporan adalah....
A. (6), (4), (2), (1), (3), (5)
B. (4), (3), (2), (5), (2), (1)
C. (6), (5), (4), (3), (1), (2)
D. (4), (3), (2), (6), (5), (1)
Kunci
Jawaban
: A
Pembahasan
:
Dalam
menyusun laporan harus memperhatikan keterkaitan antarkalimat, baik secara
kohesi maupun koherensi. Laporan yang sistematis dengan menggunakan urutan (6),
(4), (2), (1), (3), (5)
30. Kemampuan yang Diuji : Menulis/melengkapi surat pribadi
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah
surat pribadi yang rumpang pada bagian
pembuka, siswa dapat menentukan pembuka surat yang tepat.
pembuka, siswa dapat menentukan pembuka surat yang tepat.
Soal
:
Jakarta, 14 Maret 2009
Menemui Sahabatku,
Jalan Delima Merah Bantul
Halo Ari,
[…] Saya sekeluarga juga sehat.
Oh ya
Ar, sudah satu bulan kamu tidak membalas suratku. Jangan bilang gara-gara kamu
punya teman baru ya, sehingga teman lamamu dilupakan.
Sahabatmu,
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
bagian rumpang surat pribadi tersebut adalah...
- Kamu jadi kan ke kotaku? Aku tunggu sangat bahagia itu.
- Keluargaku di Jakarta juga sehat-sehat tidak kurang satu apapun.
- Bagaimana keadaanmu sekarang? Semoga sehat-sehat saja.
- Hai Sobat ... aku akan berkunjung ke kotamu. Tunggu aku!
Kunci
Jawaban
: C
Pembahasan
:
Bahasa
dalam surat pribadi dapat menggunakan bahasa yang baik walaupun secara kaidah
bahasa Indonesia yang benar kurang tepat. Hakikat sebuah surat pribadi
menyampaikan sesuatu informasi.
31.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/melengkapi surat
resmi
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah surat
resmi yang rumpang bagian tanggal surat
dan isinya, siswa dapat melengkapi bagian yang rumpang tersebut..
dan isinya, siswa dapat melengkapi bagian yang rumpang tersebut..
Soal
:
Bacalah kutipan surat berikut dengan
saksama kemudian kerjakan soal nomor 31 dan 32!
|
Tanggal surat yang tepat untuk mengisi nomor (1) pada surat tersebut adalah ....
A. 12 Nopember 2009
B. Selo, 12 November 2009
C. 12 November 2009
D. Selo, 12 Nopember 2009
Kunci
Jawaban
: C
Pembahasan
:
Pada
surat yang berkop penulisan tanggal surat tidak perlu menggunakan
nama tempat lagi karena sudah terdapat pada kop surat tersebut. Tanggal
surat tidak diakhiri dengan tanda baca apapun. Nama bulan tidak disingkat atau
diganti dengan angka begitu pun tahunnya.
32.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/melengkapi surat
resmi
Indikator
Soal
: Siswa dapat melengkapi
bagian isi surat yang dirumpangkan dengan
tepat.
Soal
:
Isi surat yang tepat untuk mengisi
bagian rumpang (2) pada surat tersebut adalah...
A.
Sehubungan dengan pelaksanaan Lomba
Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap izin Bapak /Ibu pada
hari, tanggal :
Sabtu , 14 November 2009
waktu
: Pukul 08.00
tempat
: Ruang Aula MTs
acara
:
Persiapan Lomba
B.
Sehubungan dengan pelaksanaan Lomba
Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap kehadiran Bapak /Ibu pada
hari, tanggal :
Sabtu , 14 November 2009
waktu
: Pukul 08.00
tempat
: Ruang Aula MTs Putera
Sunniyyah Selo
acara
: Persiapan Lomba
C.
Sehubungan dengan pelaksanaan Lomba
Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap bantuan Bapak /Ibu pada
hari, tanggal :
Sabtu , 12 November 2009
waktu
: Pukul 20.00
tempat
: Lapangan MTs Putera
Sunniyyah Selo
acara
: Evaluasi Hasil Lomba
D.
Sehubungan dengan pelaksanaan Lomba
Sekolah Sehat Tahun 2009, kami mengharap sambutan Bapak /Ibu pada
hari, tanggal :
Sabtu , 12 November 2009
waktu
: Pukul 08.00
tempat
:Ruang Aula MTs Sunniyyah
acara
: Evaluasi Kegiatan
Kunci Jawaban
: B
Pembahasan
:
Pada
dasarnya dalam surat undangan, panulisan hari, tanggal, waktu, tempat, acara
masih dalam satu rangkaian kalimat. Pilihan A, kalimat pembukaannya tidak tepat
dan penulisan tempatnya tidak sesuai ilustrasi, pilihan C kalimat pembukaannya
tidak tepat dan nama acaranya tidak sesuai ilustrasi, pilihan D kalimat
pembukaannya tidak tepat dan penulisan acaranya tidak sesuai ilustrasi.
33.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/melengkapi surat
resmi
Indikator
Soal
: Disajikan ilustrasi
berupa kegiatan siswa, siswa dapat menentukan
isi surat resmi yang tepat sesuai ilustrasi tersebut.
Soal
:
OSIS SMP Bangsa akan mengadakan
Porseni. Ketua OSIS mengundang pengurus OSIS untuk rapat pembentukan panitia.
Rapat tersebut akan dilaksanakan pada Jumat, 18 Maret 2009, pukul 14.00
di ruang OSIS.
Isi surat resmi yang paling sesuai
dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Kami
mengharapkan kehadiran para pengurus OSIS SMP Bangsa dalam rapat yang akan
dilaksanakan pada
hari, tanggal :
Jumat, 18 Maret 2009
waktu
: Pukul 08.00
tempat
: Ruang OSIS
acara
: Persiapan Lomba
B. Teman-teman pengurus OSIS SMP Bangsa harap hadir dalam rapat
yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 18
Maret 2009
waktu
: Pukul 14.00
tempat
: Ruang Rapat
acara
: Persiapan Bakti Sosial
C. Kami mengharapkan kehadiran pengurus OSIS SMP Bangsa dalam
rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal : Jumat, 18
Maret 2009
waktu
: Pukul 14.00
tempat
: Ruang OSIS
acara
:
Pembentukan Panitia Porseni
D. Para
pengurus OSIS Bangsa harap hadir dalam rapat yang akan dilaksanakan pada
hari, tanggal :
Jumat, 18 Maret 2009
waktu
: Pukul 13.00
tempat
: Ruang Media
acara
: Pembagian Kerja
Kunci
Jawaban
: C
Pembahasan
:
Pilihan A, terdapat
ketidaksesuaian dengan ilustrasi dalam penulisan waktu dan acaranya, pilihan B
, terdapat ketidaksesuaian dengan ilustrasi dalam penulisan tempat dan
acaranya, pilihan D, terdapat ketidaksesuaian dengan ilustrasi dalam penulisan
waktu, tempat, dan acaranya.
34.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/menentukan slogan
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah ilustrasi,
siswa dapat menentukan slogan yang
tepat sesuai ilustrasi tersebut
Soal
:
Untuk
meningkatkan kepedulian warganya tentang kesehatan, Abdullah, Lurah Desa Makmur
membuat slogan.
Slogan
yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah ...
A.
Lingkungan hidup asri dambaan kita.
B.
Gaya hidup bersih cermin perilaku
sehat.
C.
Hijau lingkunganku pasti
nyaman hidupku
D.
Hidup sehat dengan makan banyak.
Kunci
Jawaban
: B
Pembahasan
:
Slogan: perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau
mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu. Pada umumnya
slogan hanya berupa bagian dari kalimat. Pilihan A dan C tidak sesuai
dengan ilustrasi, pilihan D berupa kalimat biasa dan kurang daya tariknya.
35.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/menentukan
rangkuman
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah bacaan
terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman bacaan
tersebut
Soal
:
Pemimpin adalah sosok yang menjadi panutan. Dia akan
menentukan merah hitamnya wilayah yang dipimpinnya. Oleh karena itu, pemimpin
yang baik sangat diperlukan.Seorang pemimpin yang baik ditandai oleh
dimilikinya jiwa kepemimpinan. Jiwa itu diwujudkan dalam sikap bijaksana,
jujur, mengayomi, rela berkorban, dan tanpa pamrih.
Rangkuman bacaan tersebut adalah ...
A.
Keberadaan sosok pimpinan baik
sangat diperlukan.
B.
Pemimpin sebagai panutan harus
memiliki jiwa kepemimpinan.
C.
Pemimpin menentukan hitam merahnya
wilayah yang dipimpin.
D.
Jiwa pemimpin harus tampak dalam
kehidupan sehari-hari.
Kunci
Jawaban
: B
Rangkuman
:
Penyajian singkat dari suatu tulisan.
Merangkum dapat dilkukan dengan cara menggabungkan gagasan-gagasan dari tiap
paragraf menjadi satu kalimat. Gagasan utama paragraf I : pemimpin sebagai
panutan; gagasan utama paragraf II: pemimpin memiliki jiwa kepemimpinan. Kedua
gagasan digabung menjadi: Pemimpin sebagai panutan harus memiliki jiwa
kepemimpinan.
36.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/melengkapi petunjuk
melakukan sesuatu
Indikator
Soal
: Disajikan
kalimat-kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang dua kalimatnya rumpang, siswa
dapat melengkapi kalimat petunjuk melakukan
sesuatu yang rumpang tersebut
Soal
:
|
Bagian nomor (2) dan (4) pada
petunjuk tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat ...
A. (2) Sereh yang sudah
cukup panas, ditempelkan pada kaki yang sakit!
(4) Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa!
B. (2) Celupkan batang sereh ke
dalam minyak kelapa!
(4) Tempelkan sereh yang cukup
panas tadi, pada bagian kaki Anda yang tertusuk duri!
C. (2) Tempelkan batang sereh yang
sudah dipanaskan tadi!
(4) Ulangi
beberapa kali hingga rasa sakit hilang!
D. (2) Ulangi beberapa kali hingga rasa
sakit di kaki hilang dengan sendirinya!
(4) Batang sereh dicelupkan ke dalam minyak kelapa sebelum
dibakar!
Kunci Jawaban
: B
Pembahasan
:
Dalam
melengkapi kalimat petunjuk hal yang harus diperhatikan adalah logika
berpikir dan keruntutan kalimat. Kalimat (1) Ambillah sebatang sereh
kemudian memarkan sedikit, maka kalimat selanjutnya adalah celupkan
batang sereh ke dalam minyak kelapa. Sedangkan kalimat (3) Lalu bakarlah
di atas api sampai cukup panas, maka kalimat selanjutnya adalah tempelkan
sereh yang cukup panas tadi, pada bagian kaki Anda yang
tertusuk duri.
37.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/melengkapi petunjuk
melakukan sesuatu
Indikator
Soal
: Disajikan
kalimat-kalimat petunjuk melakukan suatu yang belum tersusun secara runtut,
siswa dapat menentukan susunan yang tepat tersebut.
Soal
:
Perhatikan
pernyataan berikut!
(1) Biarkan parutan kentang di wajah
selama kurang lebih 90 menit!
(2) Tempelkan parutan kentang merata ke
seluruh wajah!
(3) Parutlah kentang yang sudah dicuci
tersebut!
(4) Sediakan 2 buah kentang yang besar
lalu cuci sampai bersih!
(5) Setelah mengering, basuhlah dengan
air biasa sampai bersih!
(6) Lakukan hal ini setiap malam
menjelang tidur!
Susunan yang tepat, petunjuk
menghilangkan bekas jerawat adalah ....
A.
(4), (2), (6), (1), (5), (3)
B.
(4), (1), (3), (2), (5), (6)
C.
(4), (6), (2), (5), (1), (3)
D.
(4), (3), (2), (1), (5), (6)
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan
:
Mengurutkan
sebuah petunjuk melakukan sesuatu juga harus memperhatikan keterkaitan
antarkalimatnya.
38.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/melengkapi kutipan
pidato
Indikator
Soal
: Disajikan
ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi pidato yang sesuai
dengan ilustrasi tersebut.
Soal
:
Dalam
acara pengukuhan Pengurus OSIS SMP Rembulan, Aji yang terpilih sebagai ketua
OSIS yang baru memberikan pidato sambutan.
Bagian isi pidato sambutan Aji yang
tepat adalah ...
A. Pada
kesempatan yang baik ini, saya ucapkan terima kasih. Semoga segala pengorbanan
kalian, mendapat imbalan dari Tuhan.
B. Tingkatkan
kinerja kalian sebagai pengurus OSIS yang baru. Segera susun program kerja yang
jelas dan terarah.
C. Selamat
kepada pengurus baru yang terpilih. Bapak yakin, kalian mampu menjadi tim yang
solid dan saling mendukung.
D. Terima
kasih kepada semua yang telah memilih saya. Untuk menjalankan amanah ini,
saya berharap dukungan dari semua pihak.
Kunci Jawaban
: D
Pembahasan
:
Isi
pidato merupakan isi persoalan yang disampaikan. Dalam penyampaiann isi
pidato kita harus memperhatikan posisi orang yang berpidato. Dalam hal ini Aji
bertindak sebagai ketua OSIS yang baru terpilih. Pilihan A tepat diucapkan oleh
pembina OSIS kepada mantan pengurus OSIS, Pilihan B tepat diucapkan oleh
pembina OSIS kepada pengurus yang baru, pilihan C berisi ucapan selamat oleh
pembina OSIS atau kepala sekolah.
39.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/melengkapi kutipan
pidato
Indikator
Soal
: Disajikan isi teks
pidato, siswa dapat menentukan bagian
penutupnya.
Soal
:
Teks Pidato
[…]
Kami
kelas VII dan Kelas VIII ikut bersyukur dan bangga atas keberhasilan kakak kelas
IX yang sebentar lagi meninggalkan sekolah ini.
Kakak-kakakku,
Barangkali
saja selama bersama-sama belajar di sini, kami sering merepotkan kakak.
Harapan kami sudilah kiranya kakak memaafkan kami. Doa kakak kami harapkan,
semoga kami dapat meraih prestasi seperti kakak. Syukur bisa lebih baik lagi.
[…]
|
Bagian penutup untuk teks pidato tersebut adalah ...
A. Akhirnya, kami mengucapkan selamat
jalan. Mudah-mudahan cita-cita kakak semuanya tercapai.
B. Akhirnya sekian dulu sambutan
singkat ini. Bapak mohon maaf jika ada kekurangan dan terima kasih.
C. Sekian dulu pembahasan kali ini.
Semoga lain kali dapat kita sambung lagi dengan waktu dan materi yang lain.
D. Sekian dulu yang dapat ibu
sampaikan. Belajar yang rajin dan terus berprestasi di mana pun kalian berada.
Kunci
Jawaban
: A
Pembahasan
:
Isi pidato merupakan isi persoalan yang disampaikan. Dalam
penyampaiann isi pidato kita harus memperhatikan posisi orang yang
berpidato. Pilihan B tepat diucapkan oleh perwakilan guru. Pilihan C tepat
diucapkan oleh pembicara dalam kegiatan ceramah ilmiah. Pilihan D tepat
disampaikan oleh perwakilan guru atau kepala sekolah.
40.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah,
latar belakang karya ilmiah)
Indikator
Soal
: Disajikan tema karya
ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan permasalahan karya ilmiah yang
tepat.
Soal
:
Tema: Belajar kelompok meningkatkan prestasi
Rumusan masalah yang sesuai
tema tersebut adalah ...
- Siapa sajakah yang belajar kelompok, prestasinya meningkat?
- Belajar kelompok seperti apakah yang dapat meningkatkan prestasi?
- Belajar kelompok yang bagaimanakah yang dapat meningkatkan prestasi?
- Apakah dengan belajar kelompok dapat meningkatkan prestasi?
Kunci
Jawaban
: C
Pembahasan
:
Rumusan masalah dalam karya ilmiah dikemukakan dalam bentuk kalimat
tanya dengan prediksi jawaban berupa uraian. Pilihan A, B, dan D memamg berupa
kalimat tanya dan sesuai dengan tema, tetapi jawabannya tidak perlu dengan
uraian.
41.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah,
latar belakang karya ilmiah)
Indikator
Soal
: Disajikan identifikasi
masalah karya ilmiah, siswa dapat menentukan paragraf latar belakang masalah
yang tepat berdasarkan identifikasi masalah tersebut..
Soal
:
Identifikasi
masalah:
1. Apakah limbah kemasan plastik dapat dimanfaatkan?
2. Bagaimana pengelolaan limbah kemasan plastik menjadi
bermanfaat?
Latar belakang karya ilmiah yang
sesuai dengan identifikasi masalah tersebut adalah ...
A. Limbah
kemasan plastik selama ini menjadi masalah. Limbah plastik itu ternyata dapat
menjadi sumber tambahan pendapatan bagi keluarga. Limbah plastik dapat
bermanfaat jika dikelola dengan cara daur ulang.
B. Limbah
plastik yang diolah dengan baik dapat menambah pendapatan bagi keluarga. Oleh
sebab itu, mari kita manfaatkan supaya memberi keuntungan bagi kehidupan
masyarakat yang semakin sulit.
C. Plastik
selama ini memang menjadi masalah karena tidak bisa berurai dengan tanah
seperti halnya sampah daun dan sampah makanan. Limbah kemasan plastik ini
selamanya akan tetap menjadi masalah bagi kita.
D. Berdasarkan
hasil penelitian, ternyata limbah kemasan plastik dapat menambah pendapatan
keluarga. Limbah plastik yang bermasalah akhirnya dapat dicarikan solusinya.
Mari kita mulai memanfaatkan limbah kemasan plastik.
Kunci
Jawaban
: A
Pembahasan
:
Latar belakang dalam karya ilmiah merupakan persoalan yang
melatarbelakangi dibahasnya suatu persoalan . Pilihan B berisi kesimpulan
pembahasan, pilihan C dan D mengemukakan pembahasan (isi),
42.
Kemampuan yang Diuji
: Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan
kata Indikator
Soal
: Disajikan sebuah paragraf
pendek yang salah satu kalimatnya berupa kalimat tidak efektif, siswa
dapat memperbaikinya
Soal
:
(1) Kepada semua siswa peserta
lomba, agar segera masuk ke dalam ruang seleksi.
(2) Pelaksanaan lomba akan segera dimulai.
Agar kalimat tersebut efektif, kata
yang dihilangkan adalah ...
A. semua, lomba, masuk
B. kepada, siswa, segera
C. semua, peserta, agar
D. kepada, semua, lomba
Kunci
Jawaban
: B
Pembahasan
:
Kalimat “Kepada semua siswa
peserta lomba, agar segera masuk ke dalam ruang seleksi.” tidaklah efektif
karena penggunaan kata kepada, siswa, dan segera
43.
Kemampuan yang Diuji
: Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator
Soal
: Disajikan paragraf yang di dalamnya
terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital, siswa dapat menentukan
perbaikannya,
Soal
:
Jadwal kedatangan kereta api bima dari jakarta dimundurkan satu Jam. penumpang
yang datang lebih cepat ke stasiun gambir merasa kecewa.
Perbaikan penggunaan huruf kapital pada paragraf tersebut adalah ....
A
|
B
|
C
|
D
|
Kereta
|
jadwal
|
Bima
|
Bima
|
Bima
|
Jakarta
|
Jakarta
|
Jakarta
|
Jam
|
jam
|
Jam
|
jam
|
Penumpang
|
Penumpang
|
Stasiun
|
Penumpang
|
Gambir
|
Gambir
|
Gambir
|
Gambir
|
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan
:
Jadwal kedatangan kereta api bima
dari jakarta dimundurkan satu Jam. penumpang yang datang lebih cepat ke stasiun
gambir merasa kecewa.
Pada kalimat tersebut terdapat penulisan huruf kapital,
yaitu kata bima seharusnya Bima (nama diri, jakarta
seharusnya Jakarta (nama kota), Jam seharusnya jam (di
tengah atau akhir kalimat), penumpang seharusnya Penumpang (awal
kalimat) gambir seharusnya Gambir (nama tempat)
44.
Kemampuan yang Diuji
: Menyunting kalimat,
ejaan/tanda baca, pilihan kata Indikator
Soal
: Disajikan sebuah
paragraf yang di dalamnya terdapat tiga pilihan kata yang tidak tepat, siswa
dapat menentukan kata perbaikannya.
Soal
:
Puskesmas
Kasih adalah puskesmas yang banyak dikunjungi pasien. Dokternya ramah dan
terkenal bertangan panas (1). Setiap pasien yang bersilaturahmi (2),
selalu dibantu (3) dengan baik. Tidak heran, jika banyak orang yang
berobat ke Puskesmas itu.
Kata bercetak miring pada paragraf
tersebut tepat diganti dengan ....
A. dingin,
berkunjung, ditolong
B. dingin, berobat, dianjurkan
C. dingin, berkunjung, disuntik
D. dingin,
berobat, dilayani
Kunci
Jawaban: D
Pembahasan
Ketepatan pilihan kata akan mempermudah penafsiran orang
terhadap isi kalimat tersebut, sebaliknya ketidaktepatan pilihan kata akan
mempersulit orang dalam menafsirkan isi kalimat. Penggunaan kata yang kurang
tepat pada kalimat tersebut adalah panas, bersilaturahmi, dan
dibantu. Kata-kata tersebut harus diganti dengan kata dingin, berobat,
dilayani
45.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/melengkapi pantun
Indikator
Soal
: Disajikan
ilustrasi berupa acara sekolah, siswa dapat menentukan pantun yang tepat sesuai
ilustrasi tersebut
Soal
:
Setelah berusaha belajar lebih giat dan serius, Danang
mendapat peringkat pertama di kelas. Ia sangat senang karena akan memperoleh
hadiah atas prestasinya itu.
Pantun
yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Bila kita ingin ke
pasar
Pasar modern ada di mall
Ayo kita bergiat belajar
Supaya nilainya maksimal
B.
Kuda poni si kuda kepang
Tubuhnya tinggi larinya cepat
Riang hati bukan kepalang
Hadiah prestasi akan didapat
C. Sari kelapa buah nira
Nira diolah untuk sedekah
Gembira hati tiada terkira
Ibu datang bawa hadiah
D. Pergi ke goa
Jatijajar
Banyak orang bertamasya
Mari kita giat belajar
Supaya orang tua bahagia
Kunci
Jawaban
: B
Pembahasan
:
Syarat-syarat
sebuah pantun: terdiri atas 4 baris, baris 1 dan 2 sampiran, baris 3 dan 4 isi,
rimanya a-b-a-b, setiap larik terdiri atas 8 – 12 suku kata. Pilihan A, C, dan
D sudah sesuai syarat-syarat pantun , tetapi isinya tidak sesuai dengan
ilustrasi.
46.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/melengkapi pantun
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah pantun
yang bagian isinya dirumpangkan , siswa dapat melengkapinya dengan tepat.
Soal
:
Perhatikan
pantun berikut!
Rumput jadi rakit sederhana
Ringan ada di air tengah
[…] (1)
[…] (2)
Larik yang tepat untuk melengkapi
pantun rumpang tersebut adalah .…
A.
(1) Bila kamu rajin belajar
(2) Prestasi pasti akan diraih
B. (1)
Untuk dapat raih nikmat
(2) Kerja
keras dan ibadah
C.
(1)
Meskipun sedikit harta
(2) Jangan lupa bersedekah
D. (1)
Jika ingin masuk surga
(2) Mari kita tebalkan iman
Kunci
Jawaban
: C
Pembahasan
:
Syarat-syarat sebuah pantun: terdiri atas 4 baris, baris 1 dan 2 sampiran,
baris 3 dan 4 isi, rimanya a-b-a-b, setiap larik terdiri atas 8 – 12 suku kata.
Pilihan A, B, dan D tidak menyambung dengan sampiran dan rumus rimanya.
47.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/melengkapi puisi
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah puisi
yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan larik bermajas
yang tepat.
Soal
:
Rindu ini membeku
[…]
Rindu yang tak pernah usai
Meski laju putaran waktu
Bergulir tak kenal henti
Larik
bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah ....
A. Hentikan asa kehidupan
B. Pemandangan alam indah
C. Rembulan tampak penuh
D.
Mentari di balik bukit pohon teh
Kunci
Jawaban
: A
Pembahasan
:
Dalam melengkapi sebuah puisi selain memperhatikan kebulatan makna juga
harus diperhatikan keruntutan bunyi
48.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/melengkapi puisi
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah puisi
yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut dengan kata yang
tepat.
Soal
:
Daun kering gugur
Tanah kerontang
Rumput kuning
Semua menunggumu
[…]
Kau sumber kehidupan
Pilihan kata yang tepat untuk
melengkapi puisi tersebut adalah ....
A. Batu
kerikil
B. Awan datang
C. Langit cerah
D. Air hujan
Kunci
Jawaban
: D
Pembahasan
:
Dalam
melengkapi sebuah puisi selain memperhatikan kebulatan makna juga harus
diperhatikan keruntutan bunyi.
49.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/melengkapi
puisi
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah
gambar, siswa dapat menentukan puisi yang tepat sesuai gambar tersebut
Soal
:
Perhatikan gambar berikut!
Puisi yang tepat sesuai dengan
gambar tersebut adalah .…
A.
Lautan membentang
Engkau ciptakan kehidupan
Sumber pendapatan nelayan
Meraup rizki karunia Tuhan
B. Lautan membentang
Lambaian daun nyiur
Menambah keindahan
Pemandangan sore hari
C.
Gemericik suara air
Di pinggir air sungai
Mengalir perlahan
Bak irama kehidupan
D. Indahnya
kehidupan
Hijaunya dedaunan
Wanginya
tanah
Disiram air hujan
Kunci
Jawaban
: A
Pembahasan
:
Pilihan A puisi yang sesuai dengan
keadaan gambar. Tampak dalam gambar: lautan yang membentang, nelayan yang
sedang menangkap ikan sebagai kegiatan mencari rezeki yang diberikan Tuhan.
Puisi B tidak sesuai dengan gambar (tidak terdapat pohon nyiur), puisi C tidak
sesuai dengan gambar karena yang ditampilkan gambar laut bukan sungai, Puisi D
tidak sesuai dengan gambar ( tidak terdapat daun hijau dan air hujan)
50.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/melengkapi drama
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah kutipan drama yang salah satu dialognya dirumpangkan,
siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang
tersebut
Soal
:
Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
Maya
: Pokoknya, Ibu harus setuju!
Ibu
: (menarik napas panjang kecewa)
Dengan apa Ibu membayarnya?
Maya
: (terkejut dan gugup)
Kan masih lama, Ibu.
Ibu
: Biaya kursus cukup besar,
Maya.
Maya
: […]
Ibu
: (dengan tersenyum)
Nah, begitu. Ini baru putri Ibu.
Dialog yang tepat untuk
melengkapi bagian rumpang kutipan drama tersebut adalah ...
A. Iya deh, Maya turuti nasihat Ibu.
B. Maya, kita sekarang lagi kesulitan.
C. Coba kamu mengerti kondisi Ibu.
D. Baiklah Ibu akan beli yang baru.
Kunci
Jawaban
: A
Pembahasan
:
Melanjutkan
dialog drama pada dasarnya melanjutkan pembicaraan tokoh-tokohnya. Dialog B, C,
dan D lebih tepat bila yang mengucapkan tokoh Ibu.
51.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan isi dan penyajian
teks berita, opini/tajuk
Indikator Soal
: Disajikan satu paragraf
berupa teks berita, siswa dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya merupakan
isi berita tersebut.
Soal
:
Dampak
penggunaan earphone yang salah dan berakibat pada penurunan pendengaran
telah terbukti. Penelitian yang komprehensif di Amerika Serikat menemukan 5,2
juta anak usia 6 – 19 tahun pendengarannya terganggu karena terlalu sering
mendengarkan musik keras melalui walkman dan iPod. Para ahli
kesehatan di sana memperkirakan anak-anak itu bakal lebih awal mengalami
ketulian, yakni pada usia 40-an tahun. Padahal secara normal, pengurangan
kualitas pendengaran baru terjadi saat menginjak usia 60 – 70 tahun.
Pertanyaan
yang jawabannya terdapat dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Di manakah para remaja bisa
mendapatkan earphone?
B.
Bagaimana cara kerja earphone
sehingga dapat merusak pendengaran penggunanya?
C.
Mengapa anak-anak remaja di Amerika
Serikat diperkirakan akan mengalami ketulian lebih dini?
D. Siapa nama para ahli kesehatan
yang melakukan penelitian dampak penggunaan earphone?
Kunci
Jawaban
: C
Pembahasan
: Menjawab pertanyaan yang jawabannya terdapat
pada kutipan berita, cermati kata tanya dan cari
jawaban pada kutipan berita. Kata tanya yang digunakan lima W + 1 H (apa,
siapa, di mana, mengapa, kapan, bagaimana)
Kata
kunci : mengapa… (sebab)
52. Kemampuan
yang Diuji
: Menentukan isi dan penyajian
teks berita, opini/tajuk
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah paragraf,
siswa dapat menentukan pernyataan yang merupakan isi paragraf tersebut
Soal
:
Striker
Flamengo yang juga mantan bintang Inter Milan, Adriano, mengaku bahwa ia masih
terus mendapat tawaran kembali berlaga di Eropa. Andriano kembali memiliki
karier yang gemilang di lapangan hijau setelah terpuruk di Inter dengan
mengantar Flamengo menjadi juara Liga Brasil akhir pekan lalu. Penampilan
gemilang si Kaisar itu membuatnya kembali dilirik sejumlah klub di benua biru.
“Saya tak menyangkal mendapat banyak tawaran, tetapi yang terpenting adalah
kebahagiaan dan bukan uang. Sebelum mengambil keputusan, saya akan berpikir
panjang dan membicarakannya dengan beberapa teman, “ ungkapnya.
Pernyataan
yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ...
A. Saat
ini Adriano tetap menjadi pemain di Inter Milan.
B. Adriano dikenal kembali setelah kemenangan Flamengo di
Liga Brasil.
C. Adriano langsung menerima tawaran dari sejumlah klub di
Eropa.
D. Flamengo
telah beberapa kali memenangkan kejuaraan di Eropa dan Amerika.
Kunci
Jawaban
: B
Pembahasan
: Pernyataan yang sesuai dengan isi
kutipan berita.
Kata kunci
: terdapat pada
kalimat kedua … (Andriano
kembali memiliki karier yang gemilang di lapangan hijau setelah terpuruk
di Inter dengan mengantar Flamengo menjadi juara Liga Brasil akhir pekan lalu)
53.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan unsur intrinsik
cerpen
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah kutipan
cerpen, siswa dapat menentukan bukti watak tokoh cerpen tersebut
Soal
:
Ku tak mungkin jatuh cinta kan? Tidak sekarang, tidak
denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku tak kan membiarkan diriku jatuh cinta
kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segala tuturmu kepadaku, dan ku akan selalu
menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan kepadaku sejak itu, termasuk yang
itu ... yang dua kali kau sampaikan padaku. Sampai kapan pun kau merayuku, aku
tak akan pernah lagi percaya padamu. Kebohongan-kebohonganmu telah merusak
cintaku.
Bukti
bahwa watak tokoh kamu pembohong dapat diketahui melalui ….
A. Tingkah laku tokoh kamu
B.
Tingkah laku tokoh aku
C.
Dialog tokoh kamu
D.
Dialog tokoh aku
Kunci
Jawaban
: D
Pembahasan
: Watak adalah gambaran perilaku
atau sikap tokoh dalam sebuah cerita yang berhubungan dengan sifat duniawi.
Watak tersebut tergambar pada kalimat-kalimat yang mengacu pada karakteristik
tokoh menjadi bukti watak tokoh pada teks tersebut.
Kata kunci: (1) ... ku akan selalu menganggap bohong apa pun
yang kau ucapkan .... (2) Kebohongan-kebohonganmu telah merusak cintaku.
54.
Kemampuan yang Diuji
: Menentukan unsur intrinsik
cerpen
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah kutipan
cerpen, siswa dapat menentukan bukti latar tertentu cerpen tersebut
Soal
:
(1)"Apakah peranku bagimu, silumankah aku?" tak
ada jawabmu, hanya angin berdesir di sekeliling kita. (2)Bulan pucat tak bisa
menyembunyikan senyumanmu demi melihat kerutan di dahiku. (3)Biarlah menjadi
rahasia alam akan apa yang kita rasakan ini. (4)Jangan lagi memaknainya,
menanyakannya atau mengharapkannya esok hari.
Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar malam hari terdapat pada nomor ….
Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar malam hari terdapat pada nomor ….
A.
(1) B.
(2) C.
(3) D. (4)
Kunci
Jawaban
: B
Pembahasan
: Latar selalu berhubungan dengan
tempat, waktu, dan suasana. Temukan kata kunci yang merujuk pada waktu menjadi
bukti latar pada kutipan drama tersebut. Kata kunci pada kutipan tersebut adalah mentari di
sebelah barat.
Kata kunci : Bulan ....
55.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/menentukan paragraf
laporan
Indikator
Soal
: Disajikan paragraf
laporan, siswa dapat menentukan judul yang tepat laporan tersebut
Soal
:
Perhatikan paragraf laporan berikut!
Angsana keling adalah pohon yang
banyak ditanam di pinggir jalan untuk penghijauan. Pohon ini dapat mencapai
tinggi 30 meter dan berdiameter 80 sentimeter. Kayunya keras, kuat, awet, dan
lentur, sehingga banyak digunakan untuk perabot rumah tangga. Di Pulau Jawa,
kayu ini sering dipakai untuk bahan sarung keris.
|
Judul yang tepat untuk laporan
tersebut adalah ….
A. Angsana Keling
B. Gambaran Angsana Keling
C. Angsana Keling untuk Perabotan
D. Angsana Keling Untuk Sarung Keris
Kunci
Jawaban: A
Pembahasan : Judul laporan harus mencerminkan
isi laporan sesuai data
Kata kunci : Angsana keling adalah pohon
....; Pohon ini ....; Kayunya keras ....; Di Pulau Jawa, kayu ini....
56.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/menentukan slogan
Indikator
Soal
: Disajikan sebuah slogan yang
pilihan katanya tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikan slogan
tersebut
Soal
:
Perhatikan slogan berikut!
Di bumi damai untuk ketenangan di
hati
Perbaikan terhadap slogan tersebut
yang tepat adalah ….
A. Damai di hati tenang di bumi
B. Tenang di bumi tenteram di hati
C. Tenang di hati damai di bumi
D. Damai di bumi damai di hati
Kunci
Jawaban
: D
Pembahasan
: Slogan adalah perkataan atau
kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk
memberitahukan sesuatu. Ciri kalimat slogan berima.
57.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/melengkapi kutipan pidato
Indikator
Soal
: Disajikan ilustrasi
kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan paragraf berisi pembuka pidato sesuai
ilustrasi tersebut
Soal
:
SMP Kejora melaksanakan kegiatan
Porseni. Sebagai ketua OSIS, Daffa menyampaikan sambutan pada pembukaan
kegiatan Porseni.
Bagian
isi pidato Daffa yang sesuai ilustrasi tersebut adalah …
A. Bapak, Ibu dan teman-teman,
pertama-tama kita panjatkan syukur ke hadirat Tuhan karena kita dapat
melaksanakan program ini.
B.
Semoga apa yang telah saya sampaikan
dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Demikian dan saya akhiri terima
kasih.
C.
Teman-teman yang saya sayangi,
marilah kita ikuti kegiatan porseni ini. Kalah dan menang dalam kompetisi
adalah hal biasa.
D. Adik-adiku semua, janganlah kita
budayakan bolos. Karena bolos itu tindakan yang sangat meruguikan diri sendiri.
Kunci
Jawaban
: C
Pembahasan:
Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan ilustrasi. Cermati apakah
pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau penutup pidato. Cermati juga kata
ganti yang digunakan.
Kata kunci: pembuka pidato (ucapan puji syukur dan terima
kasih); isi pidato (inti yang disampaikan); penutup pidato (harapan, permohonan
maaf)
58.
Kemampuan yang Diuji
: Menyunting kalimat,
ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator
Soal
: Disajikan
sebuah kalimat yang menggunakan pilihan kata tidak tepat, siswa dapat mentukan
perbaikannya.
Soal
:
Peserta seminar diundang
masuk ke ruangan.
Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut yang tepat adalah
….
A. dimohon
B. diajak
C. disarankan
D. diusahakan
Kunci
Jawaban
: A
Pembahasan
:
Pilihan
kata yang cermat adalah yang sesuai dengan kaidah EYD. Pilihan kata itu harus dikaitkan dengan
makna yang kita maksud. Bentuk kata yang sama, misalnya, dapat bermakna lain
kalau kita kemukakan dalam konteks yang berbeda.
Kata kunci: Peserta seminar tidak diundang,
tetapi dimohon masuk ke ruangan.
59. Kemampuan yang
Diuji
: Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan
permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
Indikator
Soal
: Disajikan
simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran yang tepat sesuai simpulan
tersebut
Soal
:
Bacalah
simpulan karya ilmiah!
Secara
keseluruhan SMP di provinsi DKI Jakarta telah siap menyongsong sekolah masa
depan, sebab seluruh indikator sekolah masa depan telah dipenuhi oleh sebagian
besar SMP di provinsi DKI Jakarta.
Namun
demikian masih diperlukan upaya peningkatan secara maksimal, khususnya bagi
sekolah-sekolah swasta yang kecil. Demikian juga masih perlu dikembangkan
pengelolaan sekolah yang mendukung terciptanya sekolah masa depan.
Saran yang tepat sesuai simpulan
tersebut adalah ...
A. Upaya peningkatan sumber daya
manusia yang utama dilakukan melalui pembangunan sektor pendidikan
B. Namun dari keunggulan
tersebut apakah SMP di Provinsi DKI Jakarta dapat memanfaatkan dan
mengembangkan fasilitas yang dimilikinya sehingga benar-benar terkontruksi
sebagai sekolah masa depan?
C. Pentingnya pemberdayaan SMP kecil
(jumlah siswa sedikit) melalui pembinaan manajemen dan bantuan operasional
pendidikan sehingga mampu menjadi sekolah masa depan
D. Pendidikan tidak saja menambah
pengetahuan, akan tetapi juga meningkatkan
keterampilan bekerja yang akhirnya akan
meningkatkan produktivitas kerja.
Kunci
Jawaban
: C
Pembahasan
:
Saran dalam karya tulis adalah
saran, anjuran yang disampaikan untuk memberikan solusi terhadap hasil
penelitian.
Kata kunci:Pentingnya pemberdayaan
SMP kecil....
60.
Kemampuan yang Diuji
: Menulis/melengkapi drama
Indikator
Soal
: Disajikan kutipan naskah
drama yang terdapat kesalahan penulisan (tidak ada petunjuk laku) pada
dialognya, siswa dapat menentukan perbaikan penulisan naskah drama tersebut
Soal
:
Bacalah kutipan drama berikut!
1.
Putri : Reno....! Kau jangan bersikap
tidak sopan kepada orang tua!
2. Reno
: Biarin aja, toh mereka tidak peduli.
3. Putri
: Bukannya tidak peduli, tapi
mereka sibuk mencari uang buat kita anak-anaknya.
4. Reno
: Itu hanya alasan saja! [mondar mandir seperti orang kebingungan]
5. Putri
: Reno jika dinasihati itu, cobalah dituruti jangan menuruti
kemauanmu saja!
Perbaikan kesalahan petunjuk
laku nomor 4 pada naskah drama tersebut adalah ...
A. (Reno tertawa geli, kemudian ia
ngeloyor pergi dari rumah)
B.
(Sambil
menggerutu, dari teras Reno masuk ke dalam rumah.)
C.
(Sambil
melotot matanya, dari teras Putri masuk ke dalam rumah.)
D.
(Putri
terkekeh, kemudian ia ngeloyor pergi dari rumah)
Kunci
Jawaban
: B
Pembahasan
:
Memperbaiki kesalahan petunjuk laku,
harus mencermati dialog sebelum dan sesudahnya.
Sumber : Pintar bahasa Indonesia.com
bagus mas banyak membantu belajar, tapi tambahi bentuk soalnya biar memperbandingkan
BalasHapus